Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Presiden Bank Dunia Tawarkan Dukungan USD11 Miliar untuk Indonesia

Kamis, 21 Mei 2015 11:43 WIB
Dibaca 441

Monexnews - Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menawarkan dukungan kepada Indonesia senilai USD11 miliar, untuk pendanaan selama tiga sampai empat tahun ke depan. Ini disampaikan Kim dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia kepada Presiden Joko Widodo.

“Bank Dunia berkomitmen untuk membangun kemitraan erat dengan Indonesia, kemitraan yang telah berlangsung selama enam dekade,” katanya seperti dikutip melalui laman Bank Dunia, Kamis (21/05). Kantor perwakilan pertama Bank Dunia di luar Washington, D.C. dibuka di Jakarta pada tahun 1968, dan juga merupakan kantor perwakilan terbesar.

“Kami ingin mewujudkan salah satu komitmen pendanaan kami yang terbesar di dunia untuk Indonesia melalui kantor perwakilan Jakarta. Kami ingin berbagi dengan Indonesia akan pengetahuan global dan keahlian teknis kami di berbagai sektor seperti energi, kesehatan, pendidikan, ekonomi maritim sampai ke pelayanan masyarakat di daerah,” katanya.

Dari rencana pendanaan sebesar USD11 miliar tersebut, senilai USD8 miliar akan berasal dari Bank Dunia (International Bank for Reconstruction and Development atau IBRD). Untuk USD3 miliar lainnya berasal dari International Finance Corporation (IFC) dan Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA).

Sebagai informasi, angka USD8 miliar dari IBRD mencerminkan kenaikan pinjaman kepada Indonesia sebesar 25 persen dari periode empat tahun sebelumnya. IBRD telah memberi pinjaman kepada pemerintah negara-negara berkembang dan negara berpendapatan rendah yang layak kredit. IFC mendanai proyek-proyek investasi, memobilisasi dana di pasar keuangan internasional dan menyediakan jasa konsultasi kepada sektor swasta dan pemerintahan. MIGA menawarkan asuransi resiko politik (garansi) kepada investor dan peminjam. (fin)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-Disadur tanpa penyuntingan (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar