Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

Presiden: Stabilitas Harga Penting Bagi Keseimbangan Makro Ekonomi

Kamis, 22 Mei 2014 16:05 WIB
Dibaca 427

Monexnews - Stabilitas harga merupakan salah satu komponen penting dalam menjaga keseimbangan makro ekonomi. Demikian disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tahun 2014 di Jakarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam makro ekonomi ada tiga hal penting, yaitu pertumbuhan, penciptaan lapangan pekerjaan sekaligus pengurangan pengangguran, dan stabilitas harga. "Kalau harga stabil, inflasi terkendali, maka bersama dengan pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja, makro ekonomi sebuah negara akan baik," ucapnya.

Sejalan dengan Presiden, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan bahwa laju inflasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kondisi ekonomi dalam negeri, yang pada giliranya juga akan mempengaruhi nilai tukar rupiah. Oleh karena itu, menurutnya, perlu empat langkah strategis dalam pengendalian inflasi daerah yang diarahkan untuk tercapainya 4K, yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi ekspektasi.

Komitmen yang kuat dari kepala daerah serta tersedianya data dan informasi yang akurat sebagai dasar untuk menjajaki kerja sama antara satu daerah dengan daerah lain, akan sangat membantu dalam upaya mengendalikan laju inflasi. "Dengan pesatnya pertambahan TPID dalam setahun terakhir, menunjukkan besarnya komitmen para kepala daerah dalam menjaga stabilitas harga dan meningkatkan perekonomian di daerah," tambahnya.(ak)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar