Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Produksi Minyak OPEC Naik

Selasa, 1 Juli 2014 14:44 WIB
Dibaca 469

Monexnews - Produksi minyak OPEC naik untuk dua bulan berurutan di Juni seiring meningkatnya output minyak Arab Saudi dan Nigeria yang berhasil mengimbangi turunnya output minyak Irak, menurut survei Bloomberg. Produksi organisasi eksportir minyak tersebut bertambah sebanyak 278.000 barel per hari (bpd) menjadi 30,223 juta barel untuk bulan Juni. Publikasi Mei direvisi turun 43.000 menjadi 29,945 juta akibat adanya perubahan output minyak Kuwait, Libya, dan Ekuador.

Harga minyak telah rally dalam 2 pekan terakhir hingga menyentuh level tinggi 9 bulan setelah bergejolaknya Irak menimbulkan kekhawatiran akan terganggunya produksi minyak anggota OPEC No.2 tersebut. Produksi minyak turun 400.000 bpd menjadi 2,9 juta; ini merupakan produksi minyak Irak yang terendah sejak September. Aksi pemberontakan di Irak masih belum menyebar ke wilayah Selatan, dimana 3/4 minyak Irak diproduksi. Sejauh ini hanya kilang minyak Baiji, yang memiliki kapasitas produksi 310.000 bpd, yang ditutup sejak pemberontak menyerang kilang tersebut pada 15 Juni silam.

Arab Saudi sebelumnya telah utarakan kesiapan untuk menjaga supplai minyak dunia tetap cukup di tengah bergejolaknya Irak. Arab Saudi sepertinya menjalankan komitmennya dan ini terlihat dari produksi minyak Arab Saudi yang naik 230.000 bpd menjadi 9,9 juta; tertinggi sejak September. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar