Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

Prospek Ekonomi Swiss Jelek karena Faktor Kurs

Selasa, 30 Juni 2015 15:10 WIB
Dibaca 2960

Monexnews - Salah satu data penting Swiss, yaitu survei perkembangan ekonomi versi KOF edisi Juni, hari ini dirilis pada level terendahnya dalam 3 1/2 tahun terakhir. Penguatan nilai tukar Franc menjadi biang penurunan kinerja perusahaan dan pelaku ekspor.

Index KOF turun 3 poin ke 89.7 di bulan Juni 2015 dari hasil revisi bulan Mei di angka 92.7. Angka KOF terbaru juga lebih rendah dibandingkan perkiraan analis yakni di 93.1.

Level 89.7 merupakan angka terendah sejak rilis data bulan Desember 2011. Menurut lembaga survei KOF, prospek ekonomi Swiss akan semakin negatif untuk beberapa bulan mendatang. Data KOF sendiri memang mengukur pekembangan ekonomi domestik untuk 6 bulan.

Penyebab utama dari penurunan kinerja ekonomi tak lain adalah sentimen negatif di sektor industri, di mana bisnis bahan logam dan kayu sedang lesu. Komponen lain yang mengukur volume permintaan luar negeri juga menyusut karena perlambatan ekonomi zona Euro. Pelaku sektor ekspor memang kehilangan rasa percaya diri setelah bank sentral mencabut batas nilai tukar Franc terhadap Euro awal tahun ini. Kurs Franc yang lebih kuat membuat produk-produk dan bahan baku asal Swiss menjadi lebih mahal bagi importir di negara lain. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar