Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

Prospek Investasi Membaik, Pemerintah Diminta Teruskan Reformasi Birokrasi

Senin, 7 April 2014 11:48 WIB
Dibaca 401

Monexnews - Indonesia memiliki prospek investasi yang lebih baik pada masa mendatang. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan dapat memfasilitasi investor yang akan masuk ke dalam negeri melalui reformasi birokrasi.

Hal tersebut diungkapkan Deputy Country Director Asian Development Bank (ADB) untuk Indonesia Edimon Ginting, saat peluncuran Asian Development Outlook (ADO) di Jakarta belum lama ini. "Saya rasa investor global maupun domestik melihat bagaimana Indonesia bisa melewati krisis beberapa tahun terakhir ini, dan saya rasa mereka confident dengan kondisi kita (Indonesia)," katanya.

ADB memandang, prospek investasi yang membaik ini dikarenakan mengikuti tren inflasi yang lebih rendah, defisit transaksi berjalan yang membaik, serta perdagangan dunia yang menguat. ADB memprediksi inflasi hingga akhir tahun 2015 dapat berada di kisaran 4,5 persen, seiring dengan arah kebijakan perekonomian dari presiden terpilih yang sudah mulai stabil.

Menurut Edimon, pertumbuhan investasi sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tanpa investasi yang masuk, Indonesia akan sulit mengejar pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen ke depannya. Untuk tahun ini, ADB memprediksi potensi untuk memperbesar pertumbuhan investasi ini cukup besar jika pemerintah dapat memfasilitasi investor yang akan menanamkan modalnya di Indonesia.

Selain itu, ADB juga menyoroti tentang perlunya meneruskan reformasi birokrasi yang akan mempermudah investor berinvestasi di Indonesia. "Kita tahu proses untuk investasi di Indonesia cukup panjang. Peraturan yang ada ini panjang prosesnya, jadi itu harus ditangani dengan cepat,” ujarnya. Ia menambahkan, pemerintah perlu menarik investor untuk sektor-sektor infrastruktur dan manufaktur, sehingga Indonesia tidak lagi bergantung pada sektor pertambangan, dimana harga komoditas global terus bergerak tidak menentu.(ak)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar