Selasa, 22 Agustus 2017

world-economy  World Economy

Puluhan Perusahaan AS Mengalami Kerugian Akibat Krisis Venezuela

Selasa, 3 Februari 2015 2:46 WIB
Dibaca 1599

Monexnews -

Setidaknya 40 perusahaan besar AS yang memiliki eksposur substansial terhadap krisis ekonomi Venezuela yang semakin dalam, sehingga berpotensi terkena penghapus bukuan hingga milyar Dollar AS.

Perusahaan yang kebanyakan emiten S&P500, termasuk diantara nya raksasa otomotif General Motors, produsen obat Merck & Co Inc, Ford Motor Co dan perusahaan jasa minyak Schlumberger NV secara keseluruhan setidaknya memiliki asset moneter senilai $12 milyar pada mata uang Venezuela, yakni bolivar dalam pembukuannya. Isu nilai tukar akhir-akhir ini melukai korporat AS melebihi faktor penjualan.

Problem nya adalah nilai Dollar dari asset yang dihitung oleh berbagai perusahaan AS masih menggunakan basis nilai tukar 6.3 atau 12 bolivar terhadap Dollar, namun hanya sedikit transaksi yang menggunakan rate tersebut. Sementara jika menggunakan rate yang efektif digunakan dalam sistem pemerintah di level 50 bolivar, maka laporan kas akan merosot tajam, bahkan akan sepenuhnya terhapus jika menggunakan rate black market 190 bolivar.

Sistem keuangan Venezuela sedang goyah paska pengumuman Presiden Venezuela Nicola Maduro pada 21 January lalu yang memicu ketakutan adanya devaluasi lebih lanjut.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar