Senin, 25 September 2017

world-economy  World Economy

Putusan BOJ Sudah Diprediksi oleh Pelaku Pasar

Jumat, 4 Oktober 2013 11:41 WIB
Dibaca 544

Monexnews - Keputusan Bank of Japan (BOJ) untuk mempertahankan kebijakan moneter dan penilaian ekonominya hari ini bukan suatu kejutan bagi pelaku pasar. Otoritas memang diprediksi tidak berbuat banyak pada rapat bulan ini karena situasi makroekonomi diliputi ketidakpastian. Atas dasar itulah hasil pertemuan BOJ tidak akan berpengaruh besar terhadap pergerakan harga di pasar obligasi untuk beberapa jam ke depan. 

Menurut Naomi Muguruma, senior fixed income strategist di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co, sikap BOJ sudah sesuai dengan ekspektasi investor. Sembilan anggota dewan kebijakan secara mutlak memutuskan untuk menjaga porsi stimulus pada angka 60 triliun-70 triliun Yen per tahun. Di saat yang sama bank sentral juga meng-upgrade penilaiannya terhadap belanja perusahaan dan menjaga proyeksi ekonomi dengan menambahkan ungkapan "pulih secara moderat". Pada sesi siang hingga sore ini, aksi jual diperkirakan masih terjadi seiring penyesuaian posisi portofolio investor dan aksi ambil untung pasca nilai obligasi tenor 10 tahun turun ke 0.625% (titik terendah sejak bulan 10 Mei) pagi ini.

Gubernur Haruhiko Kuroda diyakini tidak akan memberi komentar di luar perkiraan pasca pertemuan. Terlepas dari mandeknya aktivitas pemerintah di Amerika Serikat, kecil kemungkinan BOJ menjanjikan sesuatu yang besar dalam waktu dekat. "Kuroda hanya akan kembali menjanjikan pelonggaran moneter jika pemulihan belum sesuai harapan," urai Takeshi Minami, chief economist Norinchukin Research Institute. Menurutnya, Jepang sedang membangun skenario perbaikan ekonomi, dengan parameter utama terpusat pada sektor ekspor, salah satunya ke pasar Amerika Serikat. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar