Minggu, 26 Maret 2017

world-economy  World Economy

Raksasa Smartphone Tiongkok Pendam Ambisi Baru di 2015

Kamis, 5 Maret 2015 13:00 WIB
Dibaca 1076

Monexnews - Xiaomi Corp. sudah membuat gebarakan fenomenal di industri ponsel selama satu tahun terakhir. Kini perusahaan asal Tiongkok itu menginginkan lebih, yakni kenaikan angka penjualan dan pengiriman ponsel pintar mencapai 30% sepanjang 2015.

Xiaomi sedang rajin memperkenalkan produknya di pasar luar negeri, terutama negara-negara berkembang. Sambutan baik dari konsumen non-China diharapkan mampu mengerek angka penjualan di atas 100 miliar Yuan ($16 miliar) di akhir tahun nanti. Harapan tersebut dikatakan langsung oleh Chief Executive-nya, Lei Jun, di sela-sela National People’s Congress di Beijing kepada awak media.

Pada tahun 2014 lalu, angka penjualan ponsel Xiaomi naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan satu tahun sebelumnya pada angka 74,3 miliar Yuan. Xiaomi menjelma jadi kekuatan bisnis di industri ponsel karena mampu menjual produk berteknologi tinggi dengan harga murah sejak tahun 2011. Perusahaan ini dinobatkan sebagai most valuable startup tahun 2014 dengan valuasi mencapai $46 miliar. Model penjualan ponsel secara online ala Xiaomi juga ditiru oleh banyak perusahaan satu negara.

Xiaomi menargetkan untuk menjual 80 juta hingga 100 juta smartphone tahun ini atau naik dibandingkan sales tahun lalu yang sebesar 61,1 juta unit. Perusahaan ini masih menjadi produsen samrtphone terbesar ke-5 dunia sampai dengan kuartal IV tahun lalu dengan pangsa pasar 4,4%.

Menurut laporan lembaga survei IDC di akhir Oktober 2014, Xiaomi sukses merangsek ke posisi 3 dalam daftar perusahaan smartphone terlaris dunia. Samsung masih berada di posisi pertama dalam daftar perusahaan dengan volume pengiriman produk terbanyak ke seluruh dunia. Kemudian disusul oleh Apple sebagai runner-up, serta Lenovo dan LG di urutan 4 dan 5. Keberhasilan Xiaomi menembus 3 besar tida lepas dari larisnya penjualan ponsel Mi4 di wilayah China dan Asia Tenggara. Perusahaan asal Tiongkok ini sukses mencetak pertumbuhan year-on-year triple digit di kuartal III 2014.

IDC menilai peluncuran model MI4 adalah titik balik peningkatan angka penjualan di level konsumen menengah ke atas. Varian ini mampu bersaing dengan ponsel premium keluaran Samsung, Galaxy S5 dan iPhone di beberapa wilayah. Regional China dan Asia Tenggara kembali menjadi area kunci dalam persaingan pasar ponsel, dan Xiaomi berhasil menyaingi nama-nama besar seperti Samsung dan Apple. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar