Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

RBA Disarankan Revisi Target GDP Australia untuk 2014

Jumat, 6 Juni 2014 12:24 WIB
Dibaca 501

Monexnews -  Reserve Bank of Australia (RBA) diminta untuk menaikkan target pertumbuhan ekonomi negeri kangguru di tahun 2014. Analis keuangan dan pelaku bisnis juga diminta merevisi GDP Australia karena situasi mulai membaik.

Pendapatan tersebut dilontarkan oleh Paul Brennan, chief economist Citigroup, kepada Dow Jones Newswires hari ini. Brennan beralasan hasil laporan GDP kuartal pertama yang lebih bagus dibandingkan estimasi pekan ini patut dijadikan acuan untuk membaca laju pertumbuhan ekonomi. "Pertumbuhan (Australia) memang melemah di kuartal II, namun biasnya sangat mendukung pencapaian target ekonomi untuk setahun penuh," ujarnya. Hingga sekarang, lembaga keuangan Citi dan RBA masih mematok GDP riil rata-rata untuk 2014 sebesar 3%. Pihak Citi sendiri belum mengumumkan revisi GDP, dan diprediksi baru keluar pada pekan depan.

Seperti diketahui, perekonomian Australia berekspansi lebih cepat dari apa yang diperkirakan pelaku pasar di kuartal I 2014. Pertumbuhan domestik dimotori oleh kinerja ekspor dan konstruksi perumahan. GDP Australia di kuartal pertama tercatat naik sebesar 1.1% dibandingkan periode perhitungan tiga bulan sebelumnya atau merupakan level tertinggi dalam dua tahun terakhir. Hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan estimasi median dalam survei Bloomberg, yakni +0.9%. Reserve Bank of Australia sudah memangkas suku bunga menjadi 2.25% secara bertahap sejak akhir 2011 sampai bulan Agustus 2013 untuk memacu pertumbuhan domestik dan mengkompensasi perlambatan investasi di sektor pertambangan. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar