Selasa, 27 Juni 2017

world-economy  World Economy

RBA Masih Punya Ruang untuk Pangkas Bunga

Selasa, 7 Mei 2013 12:02 WIB
Dibaca 374

Monexnews - Bank Sentral Australia (RBA) hari ini secara mengejutkan telah menurunkan suku bunga sebanyak 25 basis poin ke rekor rendah 2.75%. Pertimbangan akan lesunya aktivitas perekonomian melatarbelakangi tindakan otoritas hari ini. 

Penurunan laju inflasi dan angka data konstruksi yang rendah membuat bank sntral tidak mempunyai pilihan selain memangkas suku bunga. Namun demikian, bukan berarti niat penurunan interest rate hanya sampai di sini. Sebagian pengamat menilai pemangkasan susulan akan datang pada pertemuan berikutnya. "Jarang sekali pemangkasan (bunga) dilakukan satu kali, oleh karena itu kita bisa berharap akan adanya penurunan lagi dalam beberapa bulan ke depan," ujar Brian Redican, Ekonom Lembaga Keuangan Macquarie.

Nilai tukar AUD/USD anjlok pasca pengumuman suku bunga RBA. Aussie tercatat di level 1.0186 per Dollar atau lebih rendah dibandingkan kurs sebelum pengumuman suku bunga yakni di 1.0239. Pengamat keuangan melihat koreksi Dollar negeri kangguru terbilang wajar sejauh ini. "Penurunan kurs merupakan reaksi nyata dari berkurangnya daya tarik AUD pasca kebijakan RBA," ujar Manager Western Union Divisi Business Solutions Corporate Dealing, Chris Hunter. Serupa dengan Redican, Hunter melihat RBA masih memiliki ruang untuk mengambil keputusan lanjutan. "Saya rasa pemangkasan ini bisa bertahan untuk tiga sampai enam bulan ke depan," tutupnya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar