Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

RBA Pertahankan Suku Bunga

Selasa, 5 Maret 2013 11:34 WIB
Dibaca 483

Monexnews -Bank sentral Australia hari ini (5/03) memutuskan untuk menahan suku bunga tetap di level 3.00% untuk bulan kedua. Keputusan ini diambil melihat indikasi pertumbuhan ekonomi yang dinilai stabil setelah lebih dari setahun sebelumnya suku bunga sempat dipangkas guna mendorong perekonomian. 

Tindakan bank sentral ini sudah diprediksi sebagian besar ekonom. Gubernur bank sentral, Glenn Stevens menyebutkan bahwa tindakan ini di ambil menilik dari pertumbuhan yang dinilai cukup baik dalam sektor di luar pertambangan dan juga juga membaiknya kondisi perekonomian Eropa dna China. "Meski pertumbuhan global dinilai masih sedikit berada di bawah angka rata-rata namun resiko pelemahan terlihat sudah mulai berkurang," tambahnya.

RBA telah menurunkan suku bunga sebanyak enam kali sejak November 2011 guna melindungi negara yang kaya dengan sumber alam dari kemerosotan ekonomi global. Pemangkasan suku bunga terakhir dilakukan pada bulan Desember. Rilis data perekonomian hari ini menunjukkan penjualan ritel melonjak tajam di bulan Januari dari bulan Desember. Sinyal bahwa pemangkasan suku bunga berhasil mendorong kepercayaan dan pengeluaran konsumen. Home building Australia juga menunjukkan hasil yang positif demikian juga dengan harga rumah yang menunjukkan sinyal kenaikan setelah selama hampir tiga tahun sempat mencatat penurunan. Namun beberapa data pemerintah yang dirilis pekan ini menunjukkan persetujuan untuk pembangunan rumah baru di luar dugaan menurun untuk bulan kedua. Demikian juga dengan kecemasan atas pertumbuhan ekonomi di China, rekan perdagangan terbesar Australia menunjukkan outlook suram untuk perusahaan yang didominasi oleh industri pertambangan. 

Dolar Australia melemah ke level terendah dalam delapan bulan di Asia setelah China mengumumkan langkah baru untuk mengendalikan harga properti. Hal ini mendorong spekulasi bahwa permintaan untuk komoditas Australia akan berkurang. Target pertumbuhan menjadi sekitar 7.5% dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 7.8%.

 

(din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar