Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

RBA’s Stevens: Kebijakan Sangat Akomodatif Mendorong Sektor Perumahan

Jumat, 7 Maret 2014 8:46 WIB
Dibaca 479

Monexnews - Gubernur Reserve Bank of Australia, Glenn Stevens, mengatakan kebijakan moneter yang “sangat akomodatif” memicu peningkatan pasar perumahan, dan juga memperingatkan kelancaran transisi dari pertumbuhan yang ditopang sektor pertambangan masih belum jelas.

“Jelas aktivitas investasi di sektor perumahan akan meningkat pesat selama beberapa periode kedepan. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah peningkatan permintaan di luar sektor pertambangan pada tren saat ini dalam jumlah tepat untuk mengimbangi penurunan besar dalam investasi pertambangan, sehingga dapat menjaga perekonomian dalam kondisi tenaga kerja penuh? tidak ada seorangpun yang dapat menjawab hal tersebut dengan keyakinan yang besar” kata Stevens di depan panel parlemen.

Stevens memangkas tingkat suku bunga hingga berada pada level terendah 2,5% untuk menciptakan transisi dari ekonomi yang ditopang ledakan investasi di sektor pertambangan menjadi peningkatan investasi di pasar perumahan serta konsumsi rumah tangga.  

Stevens menambahkan tidak dapat mengasumsikan kebijakan moneter dapat mengatasi penuruan permintaan. Kebijakan moneter memiliki dampak yang besar secara umum, namun belum tentu menjadi jalur yang tepat untuk peningkatan permintaan agregat kuartalan ataupun tahunan.

Inflasi dikatakan Stevens mungkin tidak akan serendah seperti enam atau dua belas bulan yang lalu, tapi tidak juga berakselerasi lebih cepat dari data terakhir. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar