Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

RBNZ Berikan Sinyal Peningkatan Suku Bunga di 2014

Kamis, 12 Desember 2013 9:11 WIB
Dibaca 402

Monexnews - Reserve Bank of New Zealand memberikan sinyal akan meningkatkan suku bunga pada pertengahan tahun depan menyusul penguatan ekonomi negara tersebut. Selandia Baru kemungkinan akan menjadi negara maju pertama yang mulai menaikkan tingkat suku bunga dengan berakselerasinya pertumbuhan ekonomi dan tekanan akan peningkatan harga rumah.

Gubernur RBNZ, Graeme Wheeler, pagi tadi tidak mengubah tingkat suku bunga pada rekor terendah 2,5%, serta mengatakan bank sentral akan meningkatkan tingkat suku bunga jika diperlukan untuk menjaga rata-rata inflasi tetap dekat 2%. RBNZ juga memberikan outlook percepatan inflasi dan mengatakan tidak perlu untuk mempertahankan tingkat stimulus moneter saat ini.  

Bank Sentral tersebut memberikan perkiraan inflasi tahunan sebesar 1,5% pada akhir 2014, dibandingkan dengan perkiraan yang diberikan pada bulan September lalu sebesar 1,9%. Penurunan perkiraan tersebut memberikan gambaran mengenai kuatnya nilai tukar dan peningkatan suku bunga. Inflasi di Selandia Baru sampai 30 September lalu sebesar 1,4%.

Tingkat kepercayaan bisnis pada bulan lalu meningkat ke level tertinggi dalam 15 tahun terakhir, tenaga kerja bertambah 27.000 dalam tiga bulan yang berakhir 30 September, penambahan terbesar dalam enam tahuin terakhir. Sementara harga rumah pada bulan November naik 9,6% dari tahun sebelumnya. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar