Senin, 29 Mei 2017

world-economy  World Economy

RBNZ Takkan Longgarkan Larangan Kredit Perumahan Saat Ini

Rabu, 12 November 2014 8:28 WIB
Dibaca 462

Monexnews - Bank sentral Selandia baru mengatakan pihaknya tidak akan melonggarkan larangan pinjaman kredit perumahan untuk saat ini seiring meningkatnya imigrasi dan rendahnya suku bunga dan kembali mendorong pasar sektor perumahan. “Masih ada resiko kembali melejitnya harga rumah, terutama mengingat kuatnya laju imigrasi,” menurut Gubernur Reserve Bank of New Zealand Graeme Wheeler dalam Financial Stability Report yang dirilis di Wellington. “Menurut kami tidak tepat untuk melonggarkan batas pinjaman untuk saat ini," ucapnya.

Wheeler sebelumnya mengatakan ia akan mempertimbagnkan untuk menghilangkan batas pada rumah berdeposit rendah menjelang akhir tahun ini. Bank sentral memperkenalkan batas tersebut pada tanggal 1 Oktober tahun lalu untuk meredam inflasi harga rumah dan menunda kenaikan tingkat suku bunga, yang dicemaskan akan memicu apresiasi dollar Selandia Baru.
“Semuanya bergerak pada arah yang tepat untuk melonggarkan larangan tersebut namun kriteria saat ini masih belum terpenuhi,” ucap Nick Tuffley, kepala ekonom pada ASB Bank Ltd. di Auckland. “Mungkin dibutuhkan penurunan pada tingkat migrasi untuk memberikan tingkat kepercayaan tinggi bahwa pasar sektor perumahan tidak akan rebound.”
Sementara bank sentral menaikkan suku bunga selama 4 kali mulai dari Maret hingga Juli tahun ini, namun sejak itu bank sentral berhenti menaikkan suku bunga di tengah laju inflasi yang jinak. Wheeler pada tanggal 30 Oktober lalu mensinyalkan dirinya akan mempertahankan suku bunga tetap pada level 3.5% untuk waktu lama dengan membantah pernyataan sebelumnya mengenai dibutuhkannya pengetatan kebijakan.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar