Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

RBNZ’s Wheeler Tidak Harapkan Penguatan Kiwi

Kamis, 13 Maret 2014 9:45 WIB
Dibaca 369

Monexnews - Gubernur Reserve Bank on New Zealand, Graeme Wheeler, mengatakan ia tidak mengharapkan penguatan mata uang New Zealand, kiwi, secara siginifkan setelah RBNZ menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 2,75% pada pagi ini.

Tingginya nilai kiwi dikatakan Wheeler sebagai dampak perdagangan New Zealand yang berada pada level tertinggi dalam 40 tahun terakhir.

“Masalahnya seberapa banyak yang telah tertanam mengenai kebijakan suku bunga kedepannya, dan kami pikir banyak yang sudah tertanam ke dalam kurva imbal hasil. Jadi kami tidak mengharapkan peningkatan yang signifikan dalam nilai tukar dari fase pengetatan ini. Tentu saja kami mungkin salah, namun kami tidak mengharapkannya” kata Wheeler.  

Wheeler juga berkata bank sentral menaruh perhatian terhadap penguatan mata uang dan efeknya terhadap eksportir untuk beberapa waktu, serta mengatakan tingkat nilai tukar saat ini tidak akan berkelanjutan dalam jangka panjang. Wheeler menegaskan tingginya nilai mata uang akan menjadi hambatan bagi eksportir New Zealand.

GDP New Zealand diperkirakan akan tumbuhb 3,3% pada tahun fiskal yang berakhir 31 Maret, lebih tinggi dari proyeksi sebelumnya 2,7% yang dirilis pada bulan Desember. Sementara untuk tahun fiskal yang brakhir 31 Maret 2015 RBNZ memproyeksikan sebesar 3,2%. Untuk inflasi diperkirakan sebesar 2% pada pertengahan tahun 2014, naik dari estimasi sebelumnya sebesar 1,6%. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar