Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Resesi Italia Masih Berlanjut di Q2

Selasa, 10 September 2013 16:20 WIB
Dibaca 542

Monexnews - Ekonomi Italia berkontraksi melebihi perkiraan pada kuartal ke-2, dengan menyusut 0,3% dari periode 3 bulan pertama tahun 2013, menurut laporan lembaga statistik nasional Istat hari Selasa. Para ekonom sebelumnya memperkirakan GDP Italia akan mengkonfirmasikan penurunan 0,2%. Pada laju tahunan, ekonomi terbesar ke-3 di Eropa ini berkontraksi 2,1% pada periode April-Juni.

Kendati demikian, Istat menilai jika kontraksi 8 kuartal beruntun yang telah menciptakan fase resesi terpanjang pasca perang mulai memperlihatkan tanda-tanda mereda, terutama akibat kebangkitan sektor ekspor dari kejatuhan di awal tahun. Perdagangan luar negeri menyumbangkan kenaikan 0,4% dalam GDP Italia kuartal ke-2, naik sedikit dari periode 3 bulan sebelumnya dan mampu mengimbangi dampak dari persediaan. Konsumsi rumah tangga membukukan penurunan 0,3%, sementara belanja publik dan investasi terpantau stabil. Sebelumnya investasi telah berada di bawah tekanan sepanjang lebih dari 2 tahun terakhir, dengan merosot sekitar 20% dari level tahun 2008. Sehingga terjadinya stabilisasi telah mendatangkan prospek investasi yang lebih cerah.

Pemerintah Italia sendiri berharap jika periode penyusutan ekonomi tidak akan berlanjut dan mungkin akan kembali mencatatkan pertumbuhan pada akhir tahun ini. Pemerintah dijadwalkan untuk merilis proyeksi fiskal dan pertumbuhan ekonomi terbaru pada 20 September mendatang. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar