Selasa, 17 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Resiko Nuklir Korea Semakin Meningkat

Selasa, 16 April 2013 15:32 WIB
Dibaca 755

Monexnews -

Intelijen Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya menduga Korea Utara (Korut) telah mengembangkan senjata nuklir cukup kecil untuk dipasang pada rudal balistik. Dugaan ini tercantum dalam laporan evaluasi rahasia sebanyak tujuh halaman yang dikeluarkan Badan Intelijen Pertahanan (DIA), lembaga di bawah Departemen Pertahanan AS alias Pentagon.

Hal ini cukup mengejutkan setelah sebelumnya, berbagai pengamat berpikir Pyongyang tak memiliki kemampuan mengembangkan hulu nuklir cukup kecil untuk dilekatkan pada rudal, ternyata evaluasi terbaru intelijen pertahanan menyatakan dengan keyakinan moderat bahwa Korut saat ini memiliki senjata nuklir yang sanggup diluncurkan lewat rudal balistik.

DIA merupakan satu dari belasan badan mata-mata AS. Belum diketahui apakah penilaian ini disokong oleh hasil kajian badan intelijen lain. Pejabat pertahanan AS tidak mengonfirmasi temuan intelijen. Bagaimanapun Korut kerap membuat kejutan dan menjadikan AS kian was-was. Pyongyang pernah mengaku telah melancarkan uji coba nuklir pada Februari. Tes nuklir ini melibatkan perangkat miniatur.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar