Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

RBNZ Pertahankan Suku Bunga Di Tengah Pelonggaran Moneter Global

Kamis, 12 Maret 2015 9:20 WIB
Dibaca 586

Monexnews - Bank sentral Selandia Baru mempertahankan suku bunga acuannya di hari Kamis (12/03) dan memberikan pernyataan yang cenderung netral seiring sinyal akan mempertahankan suku bunganya lebih lama namun tetap terbuka untuk kemungkinan pemangkasan suku bunga tergantung data perekonomian. Suku bunga acuan 3,5% tetap dipertahankan, namun suku bunga obligasi 90-hari diproyeksikan lebih rendah menjadi 3,7% sampai dengan awal tahun 2017 dibandingkan proyeksi 4,4% sewaktu bulan Desember untuk periode yang sama.

RBNZ juga menyatakan itingkat inflasi yang turun menjadi 0,8% di kuartal terakhir tahun lalu, diproyeksikan akan tetap bertahan di bawah level 1% sampai tahun 2015, walau diekspektasikan akan kembali ke level 2% untuk jangka menengah. Namun jika ada penurunan drastis dalam ekspektasi inflasi, maka itu akan "menjadi alasan untuk kebijakan moneter yang lebih mendukung."

Bank sentral juga mengatakan tingkat pertumbuhan tahunan Selandia baru tumbuh lebih dari 3%, didukung kenaikan aktivitas konstruksi dan pemasukan rumah tangga berkat kejatuhan harga bahan bakar dan suku bunga yang rendah. Namun anjloknya harga susu, yang turun sekitar 40% di tahun 2014, kekeringan di beberapa daerah dan tingginya nilai tukar dometik membebani pertumbuhan. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar