Sabtu, 16 Desember 2017

world-economy  World Economy

Rupiah Tidak Akan Dibiarkan Melemah, Pemerintah Lakukan Stabilisasi

Kamis, 29 Agustus 2013 16:43 WIB
Dibaca 412

Monexnews - Menteri Keuangan (Menkeu) M.Chatib Basri menepis adanya isu yang menyebutkan pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar AS akan terjadi hingga awal tahun 2014. Ia menegaskan bahwa beberapa media hanya mengambil beberapa penggalan laporan tentang pelemahan rupiah tersebut yang kurang tepat. Hal ini tentu saja dikhawatirkan dapat membuat pasar tertekan dan menyebabkan nilai tukar kembali melemah.

“Karena penggalan statement bisa berakibat luar biasa, tekanan pasar keuangan nilai tukar itu akan berlanjut tapi pemerintah lakukan stabilisasi,” ungkap Menkeu di Jakarta, Rabu (28/8).

Menurut Menkeu, tekanan terhadap perekonomian masih menjadi penyebab gejolak ekonomi yang terjadi saat ini. Apalagi, kebijakan Amerika Serikat untuk mulai melakukan tapering off quantitative easing juga menambah tekanan terhadap ekonomi. “Apalagi ditambah dengan rencana dimulainya tapering off quantitative easing AS,” ucap Menkeu.

Namun, lanjut Menkeu, meski kondisi perekonomian masih cenderung bergejolak, pemerintah dan Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus melakukan langkah-langkah perbaikan kondisi perekonomian saat ini. “Tolong jangan diinterpretasikan seolah-olah kita melemah sampai awal 2014. Ini kan sinyal seolah-olah kita melakukan pembiaran,” pungkas Menkeu. (nic)


Sumber: Rilis Resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar