Rabu, 18 Januari 2017

world-economy World Economy

Rusia Berlakukan Pembatasan Modal Informal

Rabu, 24 Desember 2014 8:18 WIB
Dibaca 461

Monexnews - Rubel Rusia menguat pada perdagangan Selasa setelah Moskow memberlakukan pembatasan modal (capital control) informal demi mencegah terulangnya krisis keuangan 1998. Moskow menentukan batasan atas jumlah aset asing yang dapat dimiliki oleh perusahaan eksportir pemerintah.  Per 1 Maret, perusahaan eksportir pemerintah harus menempatkan posisi jumlah aset asing ke level yang sebelumnya ada pada 1 Oktober dan memberikan laporan mingguan kepada bank sentral. 

Nara sumber Reuters juga melaporkan bahwa bank sentral menempatkan pengawas di lantai perdagangan valas bank-bank pemerintah yang terkemuka di Rusia. Pengawas tersebut sepertinya memantau posisi valas yang ditransaksikan oleh perbankan seraya mencermati siapa saja yang membeli valuta asing. Bank sentral Rusia menolak berkomentar atas laporan Reuters tersebut. Namun bank sentral utarakan akan terus melakukan diskusi dengan eskportir untuk mempertahankan stabilitas valuta asing. 

Rubel sempat menyentuh 52.88 terhadap Dollar AS, level terkuat sejak 8 Desember. Rubel terpuruk hingga 80 minggu lalu; jauh dari kisaran 30-35 yang terjadi di semester pertama 2014. Ekonom melihat kebijakan tersebut sebagai pembatasan modal informal namun Presiden Putin sepertinya masih menahan diri untuk tidak memberlakukan pembatasan aliran modal secara total.  (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar