Jumat, 24 November 2017

world-economy  World Economy

Sapin Cemaskan Penguatan Euro

Selasa, 6 Mei 2014 23:19 WIB
Dibaca 614

Monexnews - Menteri Keuangan Perancis telah mengusulkan adanya debat mengenai penguatan euro, seiring euro mendekat level tinggi dalam 7 pekan terhadap dollar AS pada hari Selasa. Euro menyentuh level tinggi di sekitar $1.3950 pada hari Selasa, mendekati level tinggi tahunan pada $1.3965, yang dicapai bulan Maret lalu. Sejak awal tahun, euro telah menguat sebanyak 1.37% terhadap dollar, dan menguat sebanyak 5.67% terhadap greenback sejak awal 2013.

Michel Sapin, Menteri Keuangan Perancis, mengatakan negara anggota zona euro harus berdiskusi secara terbuka mengenai penguatan euro dan potensi dampak negatifnya terhadap perekonomian kawasan. Penguatan euro membuat barang ekspor zona euro lebih mahal di pasar global, sehingga menghambat usaha zona euro untuk bertumbuh dan mendapatkan kembali kompetitifitasnya.

"Debat mengenai nilai tukar euro adalah debat terbuka, debat yang merupakan gabungan kompetensi antara European Central Bank (ECB) dan juga Dewan Kebijakan. Kita harus mendebatkan itu, untuk mendiskusikannya," ucapnya dari pertemuan menteri keuangan Eurogroup di Brussels. Sapin mengatakan ia setuju dengan pandangan ECB bahwa penguatan euro memicu disinflasi- kecemasan besar bagi bank sentral. "Fakta bahwa saat ini ECB menganggap penguatan euro yang terlalu tinggi menekan tingkat harga dan mengakibatkan tingkat inflasi terlalu rendah, menurutku adalah penilaian yang benar," ucap Sapin.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar