Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Saudi Naimi: Keputusan OPEC Tidak Bermotif Politik

Jumat, 19 Desember 2014 17:43 WIB
Dibaca 681

Monexnews -

Menteri Perminyakan Saudi Arabia, Ali al-Naimi menyatakan di hari Kamis bahwa pemangkasan produksi minyak OPEC tidak akan berpengaruh pada harga minyak jika tidak diikuti oleh produsen minyak non-OPEC lainnya.

Menurut Naimi, akan menjadi mustahil untuk membalikkan harga minyak yang sedang jatuh jika  OPEC memangkas laju produksi minyak sendirian, sementara yang lain malah menambah kuota sehingga hal ini justru akan menyebabkan OPEC kehilangan pangsa pasar dan tanpa jaminan jika harga akan stabil.

Russia sendiri memang memberikan sinyal untuk tidak memangkas produksi meskipun minyak jatuh dibawah harga $60 per barrel. Sebelum rapat OPEC di Vienna bulan lalu, terdapat sinyalemen dari Russia untuk memangkas output dan mengurangi ekspor minyak jika OPEC melakukan hal yang sama. Namun hubungan Moscow dengan OPEC masih renggang akibat janji Russia sebelumnya yang tidak ditepati, pada awal tahun 2000an, Russia gagal mengikuti janji pemangkasan output dan malah menambah ekspor minyak.

Naimi juga membantah keputusan produksi minyak Arab Saudi dikaitkan dengan motif politik, menurut Naimi terdapat informasi dan analisa yang salah jika keputusan OPEC beberapa waktu lalu bertujuan untuk menghambat booming shale oil di AS, ataupun untuk menekan Russia yang mendukung Presiden Syria yang merupakan musuh Saudi.  

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar