Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Moody's turunkan peringkat kredit China, AUDUSD turun 20 pip ke 0.7453

world-economy  World Economy

SBR Bisa Jaga Momentum Pertumbuhan Indonesia

Jumat, 2 Mei 2014 16:07 WIB
Dibaca 482

Monexnews - Pemerintah pada hari ini meluncurkan obligasi ritel yang disebut dengan Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR001. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) I Anny Ratnawati mengungkapkan investasi pada SBR bisa menjaga stabilitas ekonomi nasional. SBR merupakan wujud untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah situasi global yang belum pulih pasca krisis 2008.

"Saving Bond Ritel seri SBR001 merupakan penerbitan pertama kali untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi karena situasi global belum menunjukkan pemulihan sempurna. Pasca krisis 2008 pernah naik namun menurun kembali," kata Wamenkeu I di Jakarta, Jumat.

Menurut Wamenkeu I, momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia harus dijaga agar tidak rentan dengan krisis ekonomi. Pertumbuhan ekonomi paling tidak harus dijaga di atas lima persen. Hal ini penting untuk menyediakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan. "Minimal pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas lima persen agar tercipta lapangan kerja, mengurangi pengangguran, dan mengurangi kemiskinan," tutur Wamenkeu I.

SBR menurut Wamenkeu I dapat digunakan untuk pembiayaan defisit pemerintah dalam menjaga keberlangsungan fiskal. "Apabila surat berharga negara dipegang asing, kita harus khawatir apabila ada pembalikan capital out flow sehingga bisa beresiko pada fiskal domestik," kata Wamenkeu I.

Sebagai informasi, instumen investasi ini akan ditawarkan mulai hari ini hingga 22 Mei 2014. Tujuan penerbitan SBR001 adalah untuk memenuhi pembiayaan APBN 2014 dan mengembangkan pasar Surat Utang Negara Domestik melalui diversifikasi instrumen sumber pambiayaan dan perluasan basis investor. (nic)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar