Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Sektor Ekspor dan Tingkat Belanja Membantu Zona Euro Keluar Dari Resesi

Rabu, 4 September 2013 16:29 WIB
Dibaca 437

Monexnews - Rebound pada tingkat ekspor dan tingkat belanja oleh masyarakat dan pemerintah menarik zona euro keluar dari resesi pada kuartal kedua tahun ini, menurut data hari Rabu, dalam sinyal pemulihan pertama setelah resesi terpanjang blok Eropa. Tingkat pertumbuhan yang lebih kuat dari perkiraan dari Jerman hingga Portugal membantu perekonomian zona euro untuk berekspansi sebesar 0.3% pada kuartal kedua, menurut kantor statistik Uni Eropa Eurostat.

Tingkat ekspor menujuk belahan dunia lainnya naik tajam pada kuartal kedua pasca 6 bulan penurunan penjualan, sementara tingkat belanja pemerintah mencatatkan kontribusi yang positif untuk pertama kalinya sejak akhir 2009 ketiga Yunani menyeret zona euro ke dalam krisis hutang. Melunaknya kebijakan pengetatan yang menurut banyak ekonom adalah penyebab resesi terpanjang di zona euro juga diikuti oleh kenaikan kuartalan pertama pada tingkat belanja masyarakat sejak akhir 2011.

Pemangkasan pada belanja sektor publik dari edukasi hingga kesehatan bertujuan untuk menutupi kekurangan anggaran yang membengkak, namun tingkat pengangguran yang berada pada rekor tinggi berarti masyarakat di Eropa enggan berbelanja dan mendesak perusahaan untuk memangkas output dan jumlah karyawan. Kerapuhan zona euro terbukti pada rendahnya tingkat belanja masyarakat di Eropa pada bulan Juli, di mana volume penjualan ritel hanya naik 0.1%, menurut Eurostat. Hal tersebut tidak dapat menutupi penurunan sebesar 0.7% di bulan Juni dan berada di bawah ekspektasi ekonom untuk kenaikan sebesar 0.4%. Saat ini ekonm memperkirakan perekonomian akan terus bertumbuh pada kuartal ketiga tahun ini, menyusul hasil survey bisnis yang positif di bulan Agustus, namun ada sebagian kecil ekonom yang memperkirakan adanya pemulihan yang cepat.

"Kami tidak menerjemahkan kenaikan solid kedua kalinya sebagai permulaan dari pemulihan yang kuat," ucap Christoph Weil, ekonom pada Commerzbank. "Dari semuanya, ketidakseimbangan pada pemerintah masih belum pulih total, dan sejumlah negara besar menghadapi masalah yang lebih besar.” 

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar