Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

Sektor Industri Zona Euro Anjlok di Bulan Mei

Senin, 14 Juli 2014 17:12 WIB
Dibaca 599

Monexnews - Tingkar produksi sektor industri zona euro anjlok tajam di bulan Mei dengan sektor energi merupakan satu-satunya sektor yang bertahan, menurut data hari Senin, menunjukkan rapuhnya pemulihan ekonomi di kawasan zona euro. Output pada 18 negara yang menggunakan euro urun sebanyak 1.1% di bulan Mei, menyusul kenaikan sebesar 0.7% di bulan April, menurut Eurostat, kantor statistik Uni Eropa. ANalis memperkirakan penurunan bulanan sebesar 1.2% di bulan Mei. Dibandingkan dengan periode yang sama setahun lalu, output gerbang pabrik bertumbuh sesuai ekspektasi pasar sebesar 0.5% pasca kenaikan sebesar 1.4% di bulan April.

Penurunan pada data bulanan dipimpin oleh penurunan sebeasr 2.4% pada produksi barang-barang menengah, seperti suku cadang mobil. Ada juga penurunan sebeasr 2.2% pada tingkat produksi barang-barang tidak tahan lama seperti makanan dan kosmetik. Sektor energi merupakan satu-satunya sektor yagn bertumbuh, menunjukkan kenaikan sebesar 3% setelah bertumbuh sebeasr 1.2% di bulan April.

Tingkat produksi industri di 3 negara perekonomian terbesar zona euro, Jerman Perancis dan Italia, turun dalam basis bulanan. Jerman mencetak penurunan terbesar sejak Mei 2013, dengan penurunan sebesar 1.4%. Perancis, dengan penurunan sebesar 1.3%, mencetak penurunan terbesar pada tingkat produksi sejak Juni 2013. Dan tingkat produksi Italia mencetak performa paling buruk sejak Mei 2013 dengan penurunan 1.4%.

Melambatnya perekonomian Jerman telah menimbulkan keraguan terhadap prospek pemulihan zona euro tahun ini, dengan tidak ada negara besar lainnya yang cukup kuat untuk menutupi kekurangannya. Sejak akhir tahun lalu zona euro yang memiliki perekonomian senilai 9.6 trilyun euro telah kedua dari resesi selama 2 tahun, namun pemulihan masih terhambat oleh berlanjutnya pengetatan, tingkat pengangguran, dan kecemasan pada pasar. Investor akan menantikan survey ZEW Jerman terhadap sentimen ekonomi pada hari Selasa untuk meliaht seberapa besar dampak krisis di Ukraina terhadap sentimen di Jerman. Mario Draghi, gubernut European Central Bank, akan berpidato pada Parlemen Eropa hari Senin malam dan munkgin akan membeberkan pemikirannya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar