Jumat, 21 Juli 2017

world-economy  World Economy

Sektor Jasa China Pertahankan Ekspansi di Akhir 2012

Jumat, 4 Januari 2013 11:26 WIB
Dibaca 421

Monexnews - Aktivitas sektor jasa China berekspansi di bulan Desember 2012, sebagaimana hasil dua survei terbaru yang dirilis pekan ini. Akan tetapi, kedua lembaga masih gamang dalam menentukan apakah perekonomian sedang tumbuh atau melambat. 

HSBC China Services Purchasing Managers' Index hari ini dirilis turun menjadi 51.7 dari catatan bulan November yang sebesar 52.1. Fakta tersebut memberi sinyal bahwa aktivitas sektor jasa tumbuh pada akselerasi yang lebih lambat. Pun demikian, angka 50 masih mengindikasikan adanya ekspansi di sektor jasa negeri tirai bambu.

Sementara itu, data resmi non-manufacturing PMI yang dirilis oleh Chinese Federation of Logistics and Purchasing and the National Bureau of Statistics kemarin naik menjadi 56.1 di bulan Desember dari catatan satu bulan sebelumnya yang sebesar 55.6. Terlepas dari perbedaan antara kedua data, pelaku pasar patut senang karena pada faktanya datat-data itu memperlihatkan adanya pertumbuhan sejak kuartal III 2012.

"Di tengah lemahnya headline services PMI bulan Desember, fondasi sektor jasa terlihat menguat khususnya pada komponen arus bisnis baru dan pertumbuhan tenaga kerja," ujar chief economist for China HSBC, Qu Hongbin, dalam pernyataannya. "Rangkaian data memperlihatkan bahwa China berada dalam jalur untuk mencapai target pertumbuhan GDP 8% year-on-year di kuartal IV 2012," tambahnya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar