Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

Sektor Jasa Irlandia Pertahankan Ekspansi

Kamis, 6 Juni 2013 13:09 WIB
Dibaca 397

Monexnews - Aktivitas bisnis di sektor jasa Irlandia kembali meningkat untuk ke-10 kalinya secara beruntun di bulan Mei. Namun demikian, laju peningkatan gairah bisnis sektor jasa tidak sebaik catatan April lalu.

Purchasing Managers' index Irlandia dirilis pada angka 52.7 atau lebih rendah dibanding laporan April, 55.2. Lembaga riset dan penyedia data Markit menyatakan pelaku sektor jasa masih menjaga performa bisnis tetap di angka 50 atau ambang batas antara ekspansi dan kontraksi. Apabila dikombinasikan dengan fakta perlambatan di sektor manufaktur, maka bisa disimpulkan bahwa perekonomian Irlandia berangsur pulih walau akselerasinya belum sempurna. Krisis finansial tahun 2008 lalu benar-benar meruntuhkan kinerja sektor konstruksi dan perbankan di negara ini.

Perekonomian Irlandia tumbuh di tahun 2011 dan 2012, dan kemungkinan besar berekspansi kembali tahun ini. Sayangnya laju pertumbuhan masih lebih rendah dibanding targte pemerintah kala menerima dana talangan dari Uni Eropa dan IMF tahun 2012. Kondisi ini berdampak pada sulitnya upaya pengurangan defisit anggaran dan rasio hutang terhadap GDP nasional. Gairah konsumsi dalam negeri yang lesu kian diperburuk oleh minimnya permintaan ekspor dari wilayah Euro. Kementerian Perdagangan bahkan telah memangkas target pertumbuhan 2013 dari 1.5% menjadi 1.3% karena alasan ekspor tersebut. Nilai tukar Euro saat ini terpantau di level 1.3105 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar