Sabtu, 23 September 2017

world-economy  World Economy

Sektor Manufaktur RI Kembali Tumbuh di Bulan September

Rabu, 1 Oktober 2014 11:20 WIB
Dibaca 523

Monexnews - Aktivitas sektor manufaktur Indonesia kembali membaik di bulan September 2014. Kesimpulan itu diambil dengan mengacu pada hasil data purchasing manager's index (PMI) versi lembaga analisa Markit Economics dan HSBC Bank beberapa saat lalu.

HSBC purchasing managers' index atau PMI manufaktur Indonesia naik dari 49.5 (Agustus) ke 50.7 di bulan September. Lonjakan angka tersebut menandai ekspansi di sektor produksi setelah sempat mengalami kontraksi (penurunan) di bulan Agustus. Sebagai catatan, angka indeks di atas 50 mencerminkan ekspansi atau pertumbuhan.

Hasil produksi pabrik meningkat di bulan September, sedangkan jumlah pesanan baru juga bertambah. Meski demikian, jumlah tenaga kerja yang terlibat justru menurun selama dua bulan berturut-turut, di mana laju penurunannya adalah yang tercepat sejak bulan Maret lalu. Biaya bahan baku dan harga hasil produksi naik dalam akselerasi tercepatnya sejak bulan Desember namun tekanan harga masih belum ada dengan memakai konteks data historis.

Menurut Ekonom HSBC sendiri, terdapat 2 hal positif yang bisa diambil dari hasil data PMI bulan September. Pertama, indeks naik dari level terendah 12-bulan (49.5) ke 50.7 dan mengindikasikan bahwa penurunan yang terjadi di bulan Agustus hanya bersifat sementara, bukan suatu perubahan trend. Ke-dua, pertumbuhan manufaktur cukup stabil dan perlahan sehingga tidak mengganggu upaya bank sentral untuk menurunkan volume impor dan menggiring defisit neraca ke level yang lebih aman.

Meski demikian, ada pula efek buruk dari hasil data PMI pagi tadi. Pertumbuhan manufaktur diprediksi tidak akan berjalan terlalu cepat untuk jangka pendek. Sektor manufaktur terbebani oleh kenaikan biaya produksi, yang biasanya akan dimasukkan ke dalam harga jual. Perubahan harga inilah yang tidak akan mudah diterima oleh konsumen saat berbelanja.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar