Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Sektor Swasta Jerman Terus Bertumbuh di Bulan Mei

Rabu, 4 Juni 2014 17:13 WIB
Dibaca 362

Monexnews - Sektor swasta di Jerman berekspansi selama 13 bulan berturut-turut di bulan Mei dengan aktivitas sektor jasa berada di level terkuat dalam hampir selama 3 tahun, menurut hasil survey, menunjukkan pertumbuhan yang kuat pada negara perekonomian terbesar di Eropa tersebut. PMI gabungan dari Markit yang mencakup sektor manufaktur dan jasa, berada pada 55.6 di bulan Mei, jauh di atas level 50 yang memisahkan antara pertumbuhan dan kontraksi. Bagaimanapun, hasil tersebut berada di bawah data bulan April pada 56.1 dan juga di bawah perkiraan sebelumnya, yang menunjukkan hasil stabil.

Oliver Kolodseike, ekonom pada Markit, mengatakan sementara survey memberikan “berita bagus” mengenai sektor jasa, perlambatan pada pertumbuahn sektor manufaktur telah menekan tingkat rata-rata laju ekspansi sektor swasta. "Meski demikian rata-rata untuk kuartal kedua sejauh ini merupakan level terkuat sejak awal 2011 dan menandakan GDP kuartal kedua kemungkinan besar akan menunjukkan hasil yang solid," ucapnya.

PMI sektor jasa naik menjadi 56.0 dari 54.7 di bulan April, namun berada sedikit di bawah estimasi bulan Mei sebesar 56.4. Tingkat pesanan perusahaan jasa naik jauh lebih tajam dan mempekerjakan lebih banyak pegawai namun margin tertekan seiring kenaikan harga input yang jauh melebihi harga output. “Kombinasi antara bertambahnya jumlah pesanan, kenaikan jumlah pekerja dan kapasitas luang saat ini menguatkan harapan bahwa laju pertumbuhans sektor jasa yang kuat dapat bertaham dalam beberapa bulan kedepan," ucap Kolodseike. Tingkat ekspektasi bisnis sektor jasa berada pada level rendah 5 bulan di bulan Mei, namun masih berada di level yang tinggi.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar