Kamis, 19 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Sektor Tenaga Kerja Selandia Baru Membaik

Rabu, 6 November 2013 8:55 WIB
Dibaca 434

Monexnews - Perusahaan di Selandia Baru mempekerjakan pekerja dalam laju lebih dari dua kali lipat perkiraan ekonom pada kuartal ketiga, menguatkan peluang kenaikan suku bunga pada awal tahun depan, menguatkan kiwi. Tingkat pekerjaan bertambah sebanyak 1.2%, atau sebanyak 27,000 pekerjaan, dari kuartal kedua, terbanyak sejak awal 2007, menurut laporan Statistics New Zealand hari ini di Wellington. Ekonom memperkirakan kenaikan sebesar 0.5%. Tingkat pengangguran turun menjadi 6.2% dari 6.4%, sesuai perkiraan ekonom.

Laju pertumbuhan tenaga kerja yang bertambah cepat dan membaiknya tingkat kepercayaan bisnis menandakan tekanan pada upah dan inflasi akan bertambah pada kuartal mendatang, menguatkan sinyal bahwa Gubernur Reserve Bank of New Zealand Graeme Wheeler mungkin akan mulai menaikkan tingkat suku bunga dari rekor rendah 2.5% sesegera bulan Maret. Bulan lalu, ia mensinyalkan bahwa tingkat suku bunga perlu dinaikkan di tahun 2014 seiring tingkat permintaan domestik bertambah dan laju inflasi bertambah cepat.

“Menguatnya perekonomian mulai merasuk menuju tingkat permintaan tenaga kerja,” ucap Mark Smith, ekonom senior ANZ Bank New Zealand Ltd. di Wellington. “Tekanan pada kapasitas akan mengalir menuju inflasi upah dan kenaikan tingkat suku bunga, namun ini masih prediksi untuk awal tahun 2014.”

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar