Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Selain Prancis, Perekonomian Italia juga Berangsur Pulih

Rabu, 13 Mei 2015 15:19 WIB
Dibaca 5514

Monexnews - Sama seperti Prancis, perekonomian Italia juga tumbuh di kuartal pertama 2015. Angka gross domestic product (GDP) meningkat 0,3% atau di atas estimasi analis keuangan di pasar.

Ekonomi Italia sempat stagnan di 3 bulan terakhir 2014 sebelum akhirnya berbalik positif di triwulan I lalu. Kabar baik ini bisa menandai keberhasilan program stimulus Bank Sentral Eropa (ECB) karena beberapa saat lalu laporan ekonomi Prancis juga dirilis positif. Pakar ekonomi memperkirakan pertumbuhan ekonomi zona Euro sebesar 0,5%, atau lebih tinggi dibandingkan dengan catatan kuartal sebelumnya, 0,3%. Sayangnya, penurunan kinerja ekonomi Jerman kemungkinan membuat data riil GDP nanti hanya mampu mencapai 0,4%.

Secara keseluruhan, inilah kali pertama sejak awal era 2000-an negara-negara besar di zona Euro mencatat pertumbuhan ekonomi secara serentak. Sebagai informasi, perekonomian Prancis juga tumbuh di kuartal pertama 2015 dengan persentase 0,6% dibandingkan kuartal terakhir tahun lalu, Selain karena kebijakan stimulus Bank Sentral Eropa (ECB), sektor ekonomi perlahan membaik karena penurunan harga minyak dunia dan penguatan Dollar. Kurs Euro yang murah membuat pelaku ekspor bisa meraup keuntungan lebih besar dibandingkan biasanya dan pendapatan negara ikut terkerek naik. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar