Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Sentimen Konsumen AS Merosot ke Level Terendah 4-Bulan

Jumat, 28 Maret 2014 21:48 WIB
Dibaca 508

Monexnews - Sebuah indeks yang mengukur sentimen konsumen AS merosot pada bulan Maret ke level terendah dalam 4-bulan, terutama diakibatkan melemahnya ekspektasi, berdasarkan data yang dirilis University of Michigan dan Thomson Reuters hari Jumat.

Indeks sentimen konsumen AS direvisi menjadi 80,0 dari publikasi sebelumnya yang sebesar 79,9. Angka final tersebut lebih rendah dari 81,6 yang dicetak pada bulan Februari. Para ekonom sebelumnya memperkirakan indeks bulan Maret akan direvisi menjadi 80,5. Tren indeks sentimen biasanya digunakan para ekonom untuk memprediksi arah belanja konsumen, yang merupakan tulang punggung perekonomian AS.

Konsumen nampaknya tengah dihadapkan pada bermacam-macam faktor yang dapat mempengaruhi sentimen. Gejolak internasional seperti yang terjadi di Ukraina telah memicu keprihatinan. Pertumbuhan pekerjaan yang belum merata, harga gas dan volatilitas di pasar saham turut membayangi sentimen. Konsumen juga mencemaskan prospek pengetatan kebijakan moneter.

"Karena konsumen telah terbiasa dengan suku bunga pinjaman yang sangat rendah, sedikit kenaikan sekalipun bisa memicu dampak yang signifikan terhadap penjualan rumah dan kendaraan," kata Richard Curtin, kepala ekonomi survey sentimen ini. "Konsumen lebih cenderung untuk menunda daripada mempercepat pembelian sebelum kenaikan suku bunga terjadi." (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar