Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

Sentimen Konsumen Zona Euro Meningkat

Selasa, 22 April 2014 23:23 WIB
Dibaca 336

Monexnews - Sentimen konsumen di 18 negara Eropa yang menggunakan mata uang euro meningkat pada bulan April. Sentimen tersebut meningkat meski masih terjadi ketegangan antara Uni Eropa dan Rusia akibat gejolak geopolitk yang terjadi di Ukraina.

European Commission mengatakan pengukuran awal sentimen konsumen di Zona Euro naik menjadi -8,7 dari bulan Maret sebesar -9,3. Terakhir kali sentimen konsumen lebih tinggi dari angka bulan Aprli terjadi pada bulan Oktober 2007 sebelum terjadinya krisis finasial di Eropa. Peningkatan sentimen dalam beberapa bulan terakhir memberikan gambaran akan lebih banyak melakukan belanja konsumen dalam beberapa bulan kedepan, memberikan bantuan bagi pemulihan ekonomi kawasan tersebut yang sangat bergantung pada ekspor untuk menopang pertumbuhan ekonomi sejak kuartal kedua tahun lalu.

Naiknya sentimen konsumen tersebut juga dipandang sebagai penegasan akan eskpetasi berlanjutnya  pemulihan ekonomi moderat oleh European Central Bank, dan tingkat inflasi tahunan akan naik secara bertahap dari rekor terendah dalam beberapa bulan terakhir.

Sinyal lain dari naiknya belanja konsumen adalah naiknya penjualan ritel pada bulan Januari dan Februari. Namun kenaikan tersebut masih kemungkinan terbatas akibat tingkat pengangguran Zona Euro masih berada dekat rekor tertinggi, dan lambatnya pertumbuhan gaji. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar