Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Separatis Ukraina Abaikan Kesepakatan Jenewa

Jumat, 18 April 2014 22:24 WIB
Dibaca 796

Monexnews -

Para demosntran pro-Rusia di wilayah timur Ukraina menolak untuk menyerahkan bangunan dan melucuti senjata mereka seperti yang diminta dalam kesepakatan di Jenewa kemarin, sementara itu saat ini AS dan Uni Eropa kembali mendorong Rusia untuk membantu menenangkan krisis.

Seorang yang memproklamirkan dirinya sebagai pemimpin di Donetsk People Republic, Denis Pushilin, menolak isi kesepakatan tersebut untuk melucuti senjata dan meninggalkan gedung-gedung yang di sita serta berkumpul di tempat publik yang sudah di kosongkan. Dia mengatakan bahwa kelompoknya melihat pembicaraan di Jenewa itu juga di tujukan pada semua kelompok, termasuk Presiden sementara Oleksandr Turchynov, yang di asumsikan perannya setelah penggulingan terhadap Viktor Yanukovych pada bulan Februari lalu.

“Kami akan meninggalkan bangunan-bangunan jika pemerintah Kiev yang berkuasa setelah pengambilalihan gedung dan senjata akan meninggalkan gedung-gedung,” kata Pushilin, yang kelompoknya telah menyita gedung-gedung di timur Ukraina, melalui pembicaran lewat telepon pada hari ini.

Penolakan tersebut menambah sikap sekptis atas kesepakatan kemarin yang di capai oleh para diplomat dari Ukraina, AS, Uni Eropa dan Rusia. AS dan Uni Eropa menyatakan kesiapannya untuk memperdalam sanksi buat Rusia, yang mereka katakan  bahwa Rusia menempatkan 40,000 pasukan di perbatasan Ukraina dan mengobarkan kerusuhan setelah aneksasi Crimea pada bulan lalu.

Presiden Valdimir Putin telah mengatakan bahwa dia tidak akan bertanggung jawab atas ketidakpuasan yang tumbuh di warga yang berbahasa Rusia di wilayah timur Ukraina di saat dia juga mengatakan bahwa dia punya hak untuk mengirimkan tentara. Para aktivis telah menduduki gedung-gedung setidaknya di 10 kota di Ukraina timur dan selatan  

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar