Senin, 25 September 2017

world-economy  World Economy

Sepekan Terakhir, Rp51 triliun Terbang dari Pasar Asia

Jumat, 7 Februari 2014 10:24 WIB
Dibaca 408

Monexnews - Pelarian dana dari pasar keuangan Asia semakin merajalela di bulan ke-dua 2014. Dalam satu pekan terakhir (hingga 5 Februari-red), jumlah uang yang keluar dari pasar saham dan obligasi tergolong besar dan jumlahnya bahkan menjadi yang tertinggi sejak bulan Juni silam. 

Menurut data yang dikumpulkan oleh lembaga pemantau lalu lintas modal, EPFR, investor global menarik dananya dari pasar finansial negara berkembang atau emerging markets sebanyak total US$4.2 miliar atau sekitar Rp51 triliun. Sektor yang kapitalisasinya paling banyak digerus oleh investor adalah pasar ekuitas, yang notabene merupakan jenis investasi berisiko. Alasan utama di balik peralihan modal dari pasar Asia adalah tingginya kekhawatiran pemilik modal terhadap prospek ekonomi di Amerika Serikat. Trend penurunan laju ekonomi di negeri adidaya memang mengemuka dalam beberapa pekan terakhir dan diyakini semakin tampak jelas apabila laporan Non-farm Payrolls malam nanti dirilis tidak sesuai harapan.

Kombinasi antara pelemahan bursa saham Amerika Serikat dan memudarnya daya tarik aset regional memang membuat instrumen berbasis emerging markets kurang diminati sejak akhir tahun lalu. Tidak hanya di Asia, negara berkembang Eropa dan Afrika mengalami fenomena serupa tahun ini.

Untuk melindungi nilai tukar masing-masing, bank-bank sentral melakukan aksi moneter secara agresif melalui kenaikan suku bunga. Bank sentral Afrika Selatan misalnya, yang menaikkan suku bunga dari 5.0% menjadi 5.5% guna membendung depresiasi kurs. Sebelumnya, Reserve Bank of India juga mengerek bunga dari 7.75% menjadi 8.00% dan otoritas Turki bahkan bertindak lebih agresif, yaitu dengan menggandakan suku bunga acuan hingga nyaris dua kali lipat dari level 7.75% menjadi 12%.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar