Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Sepuluh Tahun Mendatang, Asia Jadi Penggerak Utama Ekonomi Dunia

Selasa, 10 Juni 2014 10:46 WIB
Dibaca 337

Monexnews - Menteri Keuangan M. Chatib Basri memprediksi, negara-negara Asia akan menggantikan peran Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa sebagai penggerak utama ekonomi dunia dalam 10 hingga 15 tahun mendatang.

Lebih lanjut Menkeu menjelaskan, melihat apa yang telah terjadi saat krisis keuangan global tahun 2008 lalu, pada masa mendatang, dunia perlu menemukan keseimbangan baru. Beberapa penyesuaian harus dilakukan di negara-negara berkembang, termasuk juga di AS dan negara-negara Eropa. “Kalau kita lihat pada masalah defisit transaksi berjalan dan juga fiscal deficit yang kronis dan akut, terutama di AS dan juga Eropa, saya percaya perlu adanya rebalancing. Saya bisa bayangkan, mungkin 10 hingga 15 tahun dari sekarang, AS perlu memperbaiki masalah current account-nya.” Ungkap Menkeu dalam acara Hadi Soesastro Policy Forum 2014 pada Senin (9/6) di Jakarta.

Hal tersebut, lanjutnya, akan mengakibatkan adanya perubahan paradigma bahwa AS akan menjadi negara eksportir pada masa mendatang. “Mungkin saat ini kita tidak bisa membayangkannya, karena lokomotif perdagangan yang terbesar saat ini masih negara-negara maju, (yaitu) AS dan juga Eropa,” jelasnya. Selain itu, menilik pada masalah fiscal deficit yang dihadapi AS, hal tersebut berpeluang mengubah perilaku para konsumen/pelaku ekonomi AS menjadi lebih hemat (dari spender menjadi saver).

Hal serupa juga diperkirakan akan terjadi di Eropa. “Hal tersebut akan menimbulkan pertanyaan, siapa yang akan menjadi penggerak ekonomi dunia? Karena bukan lagi AS atau Eropa. Kita tidak lagi bisa mengharapkan AS dan Eropa akan tetap bisa menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi dunia,” paparnya.

Oleh karena itu, menurut Menkeu, Asialah yang akan menjadi penggerak utama ekonomi dunia pada masa mendatang. Hal tersebut didukung dengan beberapa potensi yang dimiliki Asia, seperti populasinya yang besar, bertambahnya kelas menengah, populasi penduduk usia mudanya, serta perekonomian yang bertumbuh. “Saya bisa bayangkan mungkin 10 hingga 15 tahun dari sekarang, peran Asia menjadi sangat krusial,” kata Menkeu.(nv)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar