Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

Sesuai Perkiraan, BI Tahan Suku Bunga

Kamis, 13 Maret 2014 16:13 WIB
Dibaca 472

Monexnews - Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) pada level 7.5% pada pertemuan dewan gubernur hari Kamis (13/03). Putusan tersebut diambil berdasarkan kinerja ekonomi dan moneter tanah air yang dinilai kondusif sehingga belum diperlukan kebijakan bunga yang baru.

Kebijakan untuk mempertahankan BI rate pada Maret 2014 adalah yang ke-empat kali secara berturut-turut. Setelah beberapa kali menaikkan suku bunga pada pertengahan hingga akhir tahun lalu, otoritas mulai menahan suku bunga di 7.5% di bulan Desember 2013.

Dewan Gubernur menilai bauran kebijakan BI bersama dengan pemerintah telah berhasil menciptakan stabilitas ekonomi sesuai target yang dicanangkan. Dua parameter utama, yakni inflasi dan defisit transaksi berjalan, terbukti makin terkendali di awal tahun ini. Defisit current account bahkan menurun ke tingkat yang lebih sehat, dan BI terus mencermati potensi risiko, baik dari luar negeri maupun domestik, guna memastikan kesinambungan ekonomi tetap terjaga.

Kemarin Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, sudah memberi sinyal kalau suku bunga acuan tidak akan diubah bulan ini. Pertimbangannya adalah karena kondisi perekonomian relatif baik jika dibandingkan dengan tahun lalu. "Mengacu pada kondisi pasar keuangan dan moneter terkini, kurang lebih suku bunga akan dipertahankan," ujarnya hari Rabu kemarin (12/03).

[Nilai tukar Rupiah saat ini terpantau pada posisi 11.380 per Dollar]

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar