Jumat, 26 Mei 2017

world-economy  World Economy

Sikap Bank of Korea Cerminkan Optimisme terhadap Ekonomi

Jumat, 9 Mei 2014 11:44 WIB
Dibaca 331

Monexnews - Bank of Korea (BOK) baru saja memutuskan untuk menahan suku bunga di level 2.5% untuk ke-12 kalinya secara bruntun pada pertemuan bulan Mei. Sikap pasif bank sentral menunjukkan bahwa dewan gubernur sudah puas dengan perkembangan ekonomi terkini dan belum ingin mengambil kebijakan yang riskan.

"Kami melihat BOK tetap memiliki penilaian positif terhadap perekonomian domestik. Kinerja ekspor menyenankan dewan gubernur," ulas lembaga keuangan ANZ dalam laporannya pasca keputusan BOK. Ekonomi Korea Selatan memang sedang berada dalam momentum kenaikan. BOK pada bulan April lalu merevisi naik proyeksi pertumbuhannya untuk periode 2014 dari estimasi awal 3.8% di bulan Januari lalu menjadi 4%. Sementara untuk tahun depan, estimasi pertumbuhan juga dinaikkan dari 4% menjadi 4.2%.

Adapun inflasi konsumen menyentuh level tertingginya dalam delapan bulan terakhir di angka 1.5% (April). Pun demikian, laju inflasi masih berada di bawah target 2.5%-3.5% yang ditetapkan oleh bank sentral. Otoritas berjanji untuk memantau efek dari musibah feri tenggelam terhadap konsumsi publik. "Meski ada dinamika isu, belum dibutuhkan pemangkasan suku bunga," tambah ANZ.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar