Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Smaghi: Tindakan ECB Masih 'Beberapa Bulan’ Lagi

Jumat, 4 April 2014 21:28 WIB
Dibaca 770

Monexnews - Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi sedang mempersiapkan cara untuk melakukan pelonggaran moneter, menurut salah satu mantan anggota dewan bank sentral pada hari Jumat, meski ada kecemasan setelah ECB memilih untuk menahan diri pekan ini. ECB memilih untuk mempertahankan tingkat suku bunga di level 0.25% pada hari Kamis, dan juga mempertahankan tingkat sukubugna deposit di level nol. Pilihan ini ditempuh meski datangnya usulan dari Christine Lagarde, direktur International Monetary Fund, untuk langkah memerangi disinflasi, setelah inflasi zona euro turun ke level rendah 52 bulan pada 0.2% di bulan Maret.

Lorenzo Bini Smaghi, mantan anggota dewan eksekutif ECB, memperkirakan pelonggaran moneter akan terjadi, dan mengatakan penundaan ini adalah usaha Draghi untuk membangun kebulatan suara di antara 24 anggota dewannya.  "Menurutku ia menunggu waktu agar argument tersebut dapat disetujui pada dewan," ucap Bini Smaghi pada hari Jumat, dari Ambrosetti Forum di Italia. "ECB sedikit berbeda dari bank sentral; ECB harus mencapai kesepakatan, karena langkah ECB dengan kesepakatan lebih dapat dipercaya. Menurutku ia ingin agar keputusan dewan kebijakan lebih matang."

Kendati tidak mengambil langkah apapun, Draghi pada konferensi pers-nya hari Kamis lalu menekankan bahwa ECB dapat bertindak cepat untuk mengusung langkah kebijakan yang “tidak konvensional” jika dibutuhkan. Ia juga menekankan bahwa kedua opsi yaitu quantitative easing dan tingkat suku bunga negatif telah didiskusikan pada pertemuan pekan ini. Bini Smaghi memprediksikan hal tersebut akan terwujud dalam waktu “beberapa bulan”. "Menurutku ia sedang bersiap agar pasar mengerti langkah tersebut akan diambil," ucap Bini Smaghi. "Tingkat inflasi rendah, nilai tukar euro juga tinggi. Sehingga tindakan dari ECB akan datang dalam waktu dekat… terutama untuk pemangkasan hutang, inflasi yang rendah sangat buruk." 

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar