Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

SNB Danthine: Pasar Real Estat Swiss Tidak Stabil

Selasa, 19 Mei 2015 23:47 WIB
Dibaca 8543

Monexnews - Pasar real estat Swiss terus menjadi ancaman bagi stabilitas sektor keuangan negara, menurut wakil presiden Swiss National Bank Jean-Pierre Danthine. Menurutnya, ketidakseimbangan pada pasar sektor perumahan telah stabil hanya di level atas, dan resiko keberlanjutan masih besar terutama mengingat suasana suku bunga negatif. Jika nantinya ada sinyal keberlanjutan, saya yakin bahwa kita dapat mengatasi masalah tersebut, tambahnya.

Tingkat suku bunga Swiss yang rendah selama bertahun-tahun telah memicu booming pada pasar real estat, memicu kecemasan overheating. Keputusan SNB di bulan Januari untuk menghapus batas nilai tukar franc dan memangkas tingkat suku bunga tabungan ke level rendah 0.75% telah membantu menahan tingkat suku bunga kredit perumahan tetap rendah. Atas perintah bank sentral, pemerintah Swiss saat ini medesak bank-bank untuk memiliki tambahan modal sebagai bantalan terhadap mortgage writedown. Mortgage writedown terjadi saat bank menghapus sebagian utang pokok pinjaman kredit perumahannya.
Petinggi SNB telah mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk menghapus batas nilai tukar franc karena untuk mempertahankan batas tersebut akan membutuhkan intervensi besar, dengan hanya sedikit manfaat bagi perekonomian. Meski demikian, petinggi SNB dalam beberapa bulan belakangan ini berulang kali mengatakan akan melakukan intervensi pasar mata uang jika dibutuhkan untuk melemahkan franc agar dapat mempertahankan stabilitas kondisi moneter. Diantara bank sentral besar, SNB telah memiliki neraca keuangan terbesar, dengan aset lebih dari 90% GDP tahunan Swiss, ucap Danthine. Namun hal ini tidak berarti bahwa SNB akan menahan diri untuk tidak menambah neraca keuangannya jika dibutuhkan, tambahnya. Ia juga menambahkan, bahwa pada dasarnya opsi kebijakan tersebut harus digunakan jika manfaatnya jauh melebihi biaya yang dikeluarkan.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar