Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy World Economy

S&P Pangkas Peringkat Aset Hutang Brazil

Selasa, 25 Maret 2014 10:25 WIB
Dibaca 631

Monexnews - Agensi rating Standard & Poor's (S&P) beberapa saat lalu memangkas peringkat surat hutang jangka panjang Brazil. Penurunan ranking sebanyak 1 notch membuat predikat instrumen kredit negara ini hanya satu level di atas 'junk'.

S&P dalam pernyataannya beralasan kalau faktor neraca keuangan pemerintah dan pembengkakan hutang telah menurunkan citra Brazil di mata investor. Salah satu negara paling berkembang di dunia ini disarankan segera membenahi postur keuangannya supaya bisa kembali disukai oleh pemilik modal.

Meskipun memberi penilaian triple B minus, S&P masih mempertahankan outlook 'stabil' bagi instrumen hutang Brazil. Sejak mencatat pertumbuhan fenomenal 7.5%, laju perekonomian negara ini konsisten menurun karena daya saing produknya melemah dan fasilitas kredit yang diberikan oleh pemerintah gagal diserap kalangan pengusaha. Potensi penurunan kinerja ekonomi inilah yang dikhawatirkan oleh S&P dapat memperburuk sentimen pasar investasinya untuk jangka panjang. 

Pada tahun 2008 silam, Brazil sempat meraih rapor 'investment grade' tepat di saat negara-negara maju lainnya mengalami krisis. Tidak heran apabila investor sempat sangat menyukai aset hutang negara ini mengingat imbal hasil yang ditawarkan setengah dasawarsa lalu cukup besar. Sayangnya iklim positif tersebut gagal dipertahankan oleh pemerintah sehingga S&P sampai harus memberi peringatan downgrade pertengahan tahun lalu. Jumlah hutang pemerintah telah menembus 45% atau nyaris separuh dari total GDP nasionalnya. Apabila kondisi keuangan tidak kunjung membaik, maka bisa dipastikan kalau popularitas Presiden Dilma Roussef akan ikut menurun jelang pemilihan umum tahun ini.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar