Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

world-economy World Economy

Spanyol Mengalami Deflasi Dua Bulan Beruntun

Kamis, 28 Agustus 2014 15:24 WIB
Dibaca 354

Monexnews - Indeks harga konsumen di Spanyol menurun dalam empat bulan beruntun di bulan Agustus, dan memasuki deflasi dalam dua bulan terakhir. National Statistic Institute di Madrid melaporkan indeks harga konsumen turun 0,5% di bulan Agustus dari periode yang sama tahun sebelumnya, setelah bulan Juli menurun 0,3%. Penurunan indeks di bulan Agustus tersebut merupakan yang terbesar sejak bulan Oktober 2009. 

Data inflasi tersebut menambah kemungkinan European Central Bank akan melakukan pelonggaran moneter lebih lanjut atau yang dikenal dengan quantitative easing (QE) setelah pada pekan lalu Presiden ECB, Mario Draghi, mengatakan siap bertindak jika outlook inflasi jangka menengah memburuk. Selain Spanyol, Jerman hari ini akan merilis data inflasi yang diperkirakan stagnan 0% di bulan Agustus dari bulan Juli yang naik 0,3%, dan inflasi tahunan diperkirakan tumbuh 0,8%. Sementara data inflasi tahunan zona euro akan dirlis besok dengan estimasi sebesar 0,3% menurun dari bulan Juli sebesar 0,4%.

Ketakutan Draghi jika ekspetasi inflasi jangka menengah terus turun, maka akan mempengaruhi inflasi aktual akibat investor, perusahaan, maupun konsumen akan menahan diri untuk melakukan belanja sebagai antisipasi kemungkinan menurunannya harga. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar