Selasa, 25 April 2017

world-economy  World Economy

Spanyol Siap Jual Dua Bank Pesakitan

Selasa, 2 Juli 2013 15:36 WIB
Dibaca 360

Monexnews - Lembaga penyelamat perbankan Spanyol, FROB, akan kembali mencoba untuk menjual dua bank yang telah diambilalih pemerintah tahun lalu. Dua bank ini nyaris bangkrut sebelum dipegang oleh otoritas via program bail out

Beberapa bulan lalu, FROB gagal menjual NCG Banco SA dan Catalunya Banc SA karena tidak ada calon pembeli yang berminat. Kini upaya tersebut dilakukan kembali dengan mematok nominal akuisisi yang lebih murah dibandingkan sebelumnya. Dalam beberapa hari ke depan, FROB akan menyewa jasa dua bank investasi untuk menganalisa neraca keuangan NCG Banco dan Catalunya Banc SA. Kemudian setelah itu, diskusi soal penjualan keduanya dengan pihak investor siap dibuka.

Dalam taklimat persnya hari ini, pejabat FROB mengatakan pihaknya memiliki waktu sampai 2017 untuk melepas kedua bank. Namun demi adanya sumber pemasukan baru ke kas negara, FROB menginginkan penjualan bisa tuntas sesegera mungkin. FROB mengklaim trend penarikan dana dan penutupan rekening nasabah sudah tidak terjadi lagi dalam beberapa bulan terakhir. Arus pemasukan dan tingkat kredit juga dinilai makin stabil dibandingkan saat baru diambilalih pemerintah.

FROB sebelumnya gagal menjual Catalunya Banc, bank skala menengah asal yang berbasis di Barcelona. Untuk menyelamatkan bank ini pihak otoritas harus menggelontorkan dana sebesar 9.08 miliar Euro ($11.81 miliar). Calon pembeli potensial menarik diri dari proses penawaran karena pemerintah tidak mau menjamin kemungkinan rugi di masa depan. Oleh karena itu, FROB kini mengambil cara berbeda, yakni dengan menawarkan paket skema perlindungan aset yang akan membentengi investor dari kerugian dalam jangka waktu tertentu.

Namun sebelum Catalunya, FROB akan telebih dahulu melepas NCG first. Proses penawaran diprediksi bisa tuntas pada bulan oktober tahun ini. Spanyol dinilai berhasil melakukan program 'bersih-bersih' bank bermasalah sejak tahun lalu. Pemerintah bertekad memenuhi syarat peminjaman dana dari Uni Eropa senilai 41.4 miliar dengan melakukan rekapitalisasi beberapa bank yang neraca keuangannya sangat lemah.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar