Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Stabilitas Makro Ekonomi dan Kesehatan Fiskal Jadi Prioritas Pemerintah

Jumat, 5 Desember 2014 17:38 WIB
Dibaca 520

Monexnews - Dalam jangka pendek, prioritas utama kebijakan fiskal pemerintah akan diarahkan untuk menjaga stabilitas makro ekonomi. Selain itu, menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, pemerintah juga akan terus berusaha memperbaiki struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) demi terciptanya kondisi fiskal yang lebih baik.

Untuk menciptakan kondisi fiskal yang lebih sehat tersebut, lanjutnya, pemerintah memerlukan ruang fiskal yang lebih besar. Hal ini juga diperlukan untuk menjamin tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Lebih lanjut Menkeu menjelaskan, pelebaran ruang fiskal tersebut dapat ditempuh dengan optimalisasi penerimaan serta peningkatan kualitas belanja. Pada sisi penerimaan, pemerintah akan mengupayakan optimalisasi penerimaan negara, baik yang bersumber dari pajak maupun nonpajak.

“Dari sisi belanja, kami juga akan terus berupaya meningkatkan kualitas belanja melalui realokasi anggaran yang lebih produktif, sekaligus tetap menjaga defisit anggaran pada tingkat yang aman,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, peningkatan kualitas belanja ini antara lain dilakukan melalui realokasi anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) ke sektor yang lebih produktif. “Salah satu yang menjadi faktor pendorong dilangsungkannya kenaikan harga BBM bersubsidi ini adalah yang terkait dengan belanja subsidi yang makin besar,” urainya.

Selain itu, upaya untuk menciptakan ruang fiskal yang lebih besar juga dilakukan melalui efisiensi belanja pemerintah yang kurang produktif. “Antara lain melalui pemotongan belanja yang kurang produktif, seperti perjalanan dinas dan penyelenggaraan rapat di hotel,” jelas Menkeu.(wa)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar