Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Sudah Terjangkau, Harga BBM di AS diprediksi Semakin Murah

Kamis, 2 Januari 2014 10:13 WIB
Dibaca 518

Monexnews - Program ketahanan energi yang dicanangkan oleh pemerintahan Barack Obama mulai memberikan dampak positif kepada warga Amerika Serikat. Harga bahan bakar minyak (BBM) berhasil diturunkan ke level termurahnya pada tahun 2013 lalu, dan diyakini semakin terjangkau di tahun ini.

Menurut laporan American Automobile Association (AAA), harga rata-rata BBM (reguler) nasional pada tahun lalu adalah sebesar $3.49 atau lebih murah 12 sen dibandingkan rekor harga termurah pada 2012. Harga bensin 2013 bahkan masih lebih terjangkau dibandingkan tahun 2011 silam.

"Kami lega harga bahan bakar turun berkat produksi minyak yang berlimpah," urai Avery Ash, juru bicara AAA. Asosiasi tersebut berharap level harga akan terus menurun seiring pertumbuhan volume permintaan untuk mobil hemat bensin dan peningkatan produksi dan pengolahan minyak. Sementara Tom Kloza, chief oil analyst di Oil Price Information Service, menyatakan bahwa konsumsi BBM warga Amerika menurun dalam beberapa tahun terakhir walaupun dalam empat bulan terakhir 2013, permintaan konsisten bertambah. Pemakaian BBM yang besar di penghujung tahun hanya berdampak pada kenaikan harga sebesar 10 sen per galon (data 11 November) sehingga harga rata-rata nasional naik ke atas $3.20.

Peningkatan jumlah permintaan BBM merupakan kabar baik karena menjadi pertanda percepatan ekonomi. Angka pengangguran yang menurun berimbas pada pemakaian kendaraan lebih sering mengingat semakin banyak orang berangkat kerja tiap hari. Penggunaan BBM juga meningkat di tengah musim liburan, di mana banyak orang bepergian ke luar kota. Namun terlepas dari kencangnya arus permintaan, Tom Kloza memperkirakan harga BBM rata-rata akan terus turun sehingga pada tahun ini harganya lebih murah lagi.

Harga rata-rata BBM per hari masih berada di atas $3 per galon dalam 3 tahun terakhir tapi di beberapa wilayah, harganya sudah turun ke bawah level itu pada tahun lalu. Perbedaan harga di tiap negara bagian disebabkan oleh belum meratanya biaya pengolahan minyak. AAA menyebut bahwa area South Carolina adalah negara bagian dengan BBM termurah dengan harga $3.24 per galon. Sementara harga BBM termahal berlaku di Hawaii yakni sebesar $4.24 dan untuk wilayah Amerika daratan, California menjadi negara bagian dengan harga BBM termahal yaitu $3.89.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar