Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

Suku Bunga Bank of Korea Tetap 2.75%

Kamis, 14 Februari 2013 8:56 WIB
Dibaca 466

Monexnews -Hari ini (14/02) Bank of Korea memutuskan untuk menahan suku bunga tetap di level 2.75%. Angka ini sesuai dengan estimasi pasar sebelumnya. BoK kembali mempertahankan suku bunga untuk bulan ke empat setelah melihat kondisi ekonomi yang terus menunjukkan sinyal perbaikan dengan angka inflasi rendah. 

Lima dari 16 analis yang disurvey oleh Dow Jones Newswires awal pekan ini memprediksi bank sentral akan memangkas suku bunga sebesar 0.25% sementara sisanya mempresiksi bank sentral akan mempertahankan suku bunga. Pemangkasan suku bunga yang terakhir dilakukan BoK pada bulan Juli dan Oktober.

Data pemerintah terakhir mendukung pandangan pasar bahwa negara dengan perekonomian terbesar ke empat Asia perlahan menunjukkan sinyal perbaikan setelah sempat terpuruk di kuartal tiga tahun lalu. Ekspor Korea Selatan bulan Januari tumbuh sangat cepat dalam 11 bulan dan produksi industri naik untuk bulan ke empat di bulan Desember. Inflasi naik hanya 1.5% di bulan Januari dengan angka masih di bawah target BoK sebesar 2.5%-3.5% tahun ini. Namun beberapa analis mensinyalir bahwa BoK akan melakukan pemangkasan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Beberapa analis mengatakan pengeluaran pemerintah yang agresif dan kemungkinan adanya penambahan anggaran oleh administrasi pemerintah yang baru di bawah presiden Park Geun-hye, akan mengurangi tekanan pada BoK. Sementara analis lain memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga paling cepat awal bulan depan. 

Menteri keuangan mengatakan awal tahun ini pihaknya akan mengucurkan 60% dari anggaran tahun 2013 sebesar 342 triliun won ($315 miliar) dalam kuartal paruh pertama untuk mendorong pertumbuhan di tengah ketidak pastian ekonomi global. Bulan lalu bank sentral memangkas prospek pertumbuhan dari 3.2% menjadi 2.8% untuk tahun 2013, dengan ekspektasi pertumbuhan sebesar 3.8% untuk tahun 2014. BoK akan merilis pernyataan resmi diikuti dengan konferensi pers oleh gubernur Kim Choong-soo pukul 09.20 WIB.

(din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar