Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

Sukuk Negara Ritel Dorong Financial Inclusion

Jumat, 27 Februari 2015 9:22 WIB
Dibaca 598

Monexnews - Sukuk Negara Ritel dapat menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan keuangan yang inklusif (financial inclusion). Hal ini dikarenakan, sukuk negara ritel memungkinkan investor individu untuk memiliki alternatif instrumen investasi dengan nominal terjangkau dan profil risiko yang relatif rendah.

“Keuntungan dari Sukuk Negara Ritel dibandingkan sukuk secara umum adalah financial inclusion, karena kalau kita bicara mengenai financial inclusion, kita tidak hanya bicara mengenai kredit mikro, kredit kecil, tapi yang paling penting adalah semua orang, semua pihak di republik ini, Warga Negara Indonesia, itu berhak menjadi investor,” ungkap Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta belum lama ini.

Menurutnya, selain sebagai salah satu sumber pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Sukuk Negara Ritel diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi investor kecil-menengah untuk menikmati alternatif instrumen investasi di luar perbankan, dengan karakteristik dan profil risiko yang sesuai. “Tentunya kita tidak ingin mereka hanya invest di tabungan, deposito atau produk perbankan lainnya, mereka harus sudah masuk kepada instrumen investasi alternatif,” ungkapnya.

Di lain pihak, dengan adanya Sukuk Negara Ritel ini, Menkeu berharap, nantinya masyarakat dapat secara langsung turut membiayai pembangunan. Dengan demikian, nantinya sumber pembiayaan APBN tidak hanya bergantung pada sektor perpajakan.

“Setiap individu itu secara langsung bisa membiayai APBN-nya, jadi tidak harus hanya lewat pajak, tidak harus hanya investor besar yang membeli sukuk atau obligasi negara, tapi juga oleh rumah tangga rumah tangga yang bisa langsung membeli sukuk ritel, yang artinya ikut membiayai pembangunan. Jadi itulah financial inclusion dalam arti yang sebenarnya,” pungkasnya.(nv)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar