Minggu, 26 Maret 2017

world-economy  World Economy

Suplus Current Account Jepang Naik Ke Level Tertinggi 7 Tahun

Rabu, 13 Mei 2015 8:34 WIB
Dibaca 3113

Monexnews - Peningkatan neraca perdagangan serta bertambahnya pendapatan dari luar negeri membuat Jepang mencatat surplus current account tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. Kementrian Keuangan Jepang melaporkan surplus current account bulan Maret mencapai ¥2,975 triliun menjadi yang tertinggi sejak bulan Maret 2008, dan telah surplus dalam sembilan bulan beruntun.

Biaya impor energi yang lebih murah, dikombinasikan dengan peningakatan jumlah wisatawan asing serta pendapatan dari investasi di luar negeri membantu meningkatkan surplus, serta mendorong perekonomian yang selama ini tertahan akibat rendahnya belanja konsumen dan pelaku bisnis. Biaya impor minyak mentah Jepang di bulan Juni turun sebanyak ¥751 juta dibandingkan Maret 2013. Sementara Pelemahan nilai tukar yen menjadi alasan meningkatnya jumlah wisatawan ke Jepang. 

Yen telah melemah sekitar 30% terhadap dollar sejak PM Shinzo Abe meluncurkan program Abenomic yang bertujuan untuk memacu ekonomi Jepang yang "hilang" dalam dua dekade terakhir. Pemerintah Jepang akan merilis data pertumbuhan ekonomi kuartal pertama pada pekan depan, para ekonom memperkirakan pertumbuhan 1,6% dari tahun sebelumnya. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar