Senin, 24 Juli 2017

world-economy  World Economy

Surplus Neraca Perdagangan China Sentuh Level Tertiggi 5 Tahun

Senin, 9 Desember 2013 9:17 WIB
Dibaca 375

Monexnews - China mencatat surplus terbesar dalam hampir lima tahun terakhir, akibat melonjaknya ekspor dan peningkatan impor yang moderat. Surplus pada bulan November sebesar $33,8 juta, merupakan yang terbesar sejak januari 2009.

Ekspor meningkat sebesar 12,7% dari tahun sebelumnya  sementara impor naik 5,3%. Data mencerminkan peningkatan ekspor ke AS, Eropa, dan Korea Selatan. Ekspor ke AS meningkat 17,7% pada bulan November dari tahun sebelumnya, merupakan laju pertumbuhan tercepat sejak Mei 2012, sementara ekspor ke Eropa meningkat 18,4%, terbesar dalam dua tahun terakhir.

Ekspor China yang merupakan motor utama perekonomian telah menderita sejak terjadi krisis financial global, dengan Eropa dan AS tidak lagi menjadi tujuan ekspor yang reliabel. Namun pemulihan bertahap dari negara maju dalam beberapa bulan terakhir memperbaiki outlook ekspor China.  

“Banyak sinyal yang menunjukkan aktivitas global dan perputaran perdagangan sedang membentuk momentum, di dorong oleh pemulihat dinegara dengan income yang tinggi, dan ekspotir China mendapat keuntungan akan hal tersebut” kata Louis Kujis ekonom dari RBS. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar