Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

Surplus Perdagangan Zona Euro Kembali Melebar

Senin, 16 Februari 2015 18:45 WIB
Dibaca 668

Monexnews - Surplus perdagangan zona Euro dengan seluruh dunia kembali melebar di bulan Desember untuk bulan kelima beruntun, ditunjukkan dalam angka resmi pada hari Senin, seiring murahnya euro terus berikan dorongan kepada ekspor dan rendahnya harga minyak berikan dukungan terhadap impor.

Perbedaan antara nilai dari barang-barang yang dijual zona Euro dan apa yang dibeli di luar negeri melebar menjadi 24.3 milyar euro ($37.4 milyar) pada tingkat bulanan, dibandingkan dengan surplus 21.2 milyar di bulan November, dilaporkan oleh biro statistik Uni Eropa.

Kenaikan pada surplus disebabkan oleh penurunan impor sebesar 2% dan kenaikan ekspor sebesar 1%.

Pelemahan pada mata uang euro telah mendorong ekspor di 18 negara yang berbagi mata uang tunggal di tahun 2014, Lithuania bergabung di zona euro pada Januari 2015, karena mereka membuat barang-barang mereka menjadi lebih murah di luar negeri. Secara keseluruhan di tahun 2014, surplus perdagangan melebar menjadi 194.8 milyar euro dibandingkan dengan 152.3 milyar euro di tahun 2013, karena kenaikan ekspor sebesar 2% dan datarnya pertumbuhan di impor, ujar Eurostat.

Lemahnya impor adalah bagian dari ekonomi yang stagnan, namun para analis menggarisbawahi bahwa harga minyak yang sangat rendah di pasar internasional juga memainkan peran dalam bagian mengurangi beban biaya impor.

"Di saat nilai impor dapat menunjukkan permintaan domestik zona Euro masih terbatas, itu adalah bukti bahwa nilai impor zona Euro dibatasi hanya oleh harga minyak dan komoditas yang rendah ," kata Howard Archer, ekonom di IHS Global Sight.

( fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar